Tuesday, October 30, 2012

Industri Kreatif dari Bandung



Negara yang selalu menciptakan kreatifitas akan menjadi terdepan dalam persaingan global saat ini. Manusia-manusia yang kreatif adalah manusia yang mampu bertahan dalam setiap kondisi. Dan pengusaha-pengusaha kreatif adalah mereka yang akan menguasai pasar dan berkontribusi besar pada perekonomian nasional.

Industri berbasis kreatifitas merupakan penggambungan antara industry berbasis kekayaan alam (SDA), sumberdaya manusia (SDM), dan industry berbasis teknologi, yang dikemas dalam konsep inovasi berkembang dalam ilmu pengetahuan yang diproduksi, didistribusikan dan dikonsumsi dengan konsep-konsep kreatifitas. Ini merupakan akibat transformasi industry dalam perekonomian global.

Salah satu tugas dari mata kuliah Technopreneurship yang disampaikan oleh Bapak Mustofa Hayat adalah mencari salah satu usaha kreatif lokal. Kementerian Perdagangan mengelompokan industri kreatif kedalam 14 kelompok, dan indutri fashion masuk kedalam kelompok ketujuh. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka saya memilih Kaos Buatan Bandung Bagus Bagus sebagai salah satu industri kreatif dari Bandung.
Kreatifitas orang Bandung memang tak pernah mati. Bak jamur, satu kreatifitas melahirkan kreatifitas lainnya. Setelah di tahun 93-an muncul rumah kreatifitas yang bergerak dibidang aksesoris dengan nama Bagus-bagus, sebagai turunannya, muncul Boeatan Bandung Bagus-bagus yang baru berdiri di tahun 2008.  Berawal dari anggapan bahwa orang Bandung itu memiliki kreatifitas dari segi apapun. Ketika negara- negara lain memiliki kebanggaan dengan membuat merchandise apapun tentang negaranya, mulai dari pembuatan pernak-pernik hingga gantungan kunci. Dari pemikiran itulah muncul keinginan untuk membuat merchandise untuk kota Bandung. 

Setiap bulannya, Boeatan Bandung Bagus-bagus mengeluarkan 20 desain t'shirt  berseri dengan pin dan stiker.  Mengeluarkan edisi mug, aneka kaulinan barudak seperti toleat, kolecer yang bisa dijadikan pajangan. Bulan berikutnya akan dikeluarkan edisi pemantik khas Boeatan Bandung. Setiap edisi bisa berseri setiap bulannya.  Misalnya, untuk kaos selalu ada produk lain dengan desain atau tipografi yang sama, bisa pin atau stiker.

Uniknya, pengemasan t'shirt menggunakan buluh bambu yang di desain sedemikian rupa hingga terlihat begitu artistik.  Bambu sebagai salah satu khas etnis Sunda. Dengan bambu, akan lebih ramah lingkungan sekaligus sebagai bentuk artikulasi tentang bambu. Dalam proses kreatifnya, Boeatan Bandung Bagus-bagus tak sekedar mencipta dan menjual, tetapi ada proses dialog terlebih dahulu dalam menunjukan ikon-ikon kota.

Misalnya Gedung monumental Bandung, Gedung Sate. Contoh lain untuk para orang tua yang dulu pernah main kebut-kebutan di Jalan Braga, tersedia kaos dengan tulisan 'Pernah Ngebut di Braga'. Untuk anak muda, dari segi tipografi ada kaos bertuliskan 'Distro, Cihampelas, Factory outlet, brownies amanda,.... Macet Pisan', dan lain-lain.

Proses kreatifnya sendiri melibatkan tiga desainer dan satu art director. Setiap konsep desain tak hanya menuangkan perpaduan warna dan nilai estetika, tetapi juga melibatkan nilai historikal. Misalnya, ada kaos bertuliskan Bandung 0 kilometer. Di atas kaos tersebut digambarkan peta Bandung berikut jarak per kilometernya.
Dari sisi edukatif akan mengeluarkan edisi permainan rakyat. Di mana di dalamnya terdapat gambar, pembuatan, berikut sejarah permainan rakyat tersebut. T'shirt bisa dibeli dengan harga  Rp 75 ribu.
Saat ini, Boeatan Bandung Bagus-bagus hanya berada di Kukuruyuk weekend Market, yang bisa diakses dari Jl. Mochamad Toha, dekat gerbang Tol Mochamad Toha. Sedangkan Bagus-bagus sendiri sudah bisa didapatkan di BSM, BIP, Paris Van Java dan beberapa mall lainnya di kota Bandung.

Pokoknya,  'Luak lieuk, turas taros, tuang teuing, olah oleh, Boetan Bandung Bagus-bagus' (Lihat-lihat, tanya-tanya, oleh-oleh, Boetan bandung Bagus-bagus),  demikian satu tulisan nyeleneh yang tertera di salah satu t'shirt buatan Boetan Bandung Bagus-bagus.

5 comments:

Anonymous said...

0uFbk ghd flat iron
zBlh michael kors tote
zNgh ghd hair straighteners
5uUpc ugg uk
7bHza cheap ghd

Anonymous said...

bMyj ghd hair
gWcb cheap ugg boots
sHuo michael kors handbags
4fFsw GHD Hair Straightener
1qDay burberry on sale
2gCfl ugg australia
5gJwv ghd
6nMmt louis vuitton shoes
7cFha michael kors outlet
3rXpv ghd offers
9fOjl ugg uk
8vBch nike nfl jerseys
0oXfy michael kors handbags
7sIsx Lisseur GHD
1sTaz cheap ugg boots

Anonymous said...

fCso coach factory
zDeh pGhr michael kors bags
0mHgc ugg boots
4uDns chi hair straightener
8eWdz michael kors handbags
1nYix wholesale nfl jerseys
0rNmj coach outlet
5uHai 4jXzh comprar ugg online
4vKti 1yHjv michael kors outlet
8uUxn nike nfl jerseys
3sRan ghd planchas
7pRmj cheap uggs

Anonymous said...

UhgBmt http://sinsakuchanel.com/ AuqMic [url=http://sinsakuchanel.com/]シャネル 財布 メンズ[/url] JagSzr http://ninnkicoach.com/ AicKwf [url=http://ninnkicoach.com/]コーチ キーケース アウトレット[/url] MkmOje http://diorautoretto.com/ VsuNrj [url=http://diorautoretto.com/]クリスチャンディオール リング[/url] YapGdc http://nihongucci.com/ JhhZik [url=http://nihongucci.com/]グッチ キーケース レディース[/url] PndRgz http://longchampnihon.com/ SgoSup [url=http://longchampnihon.com/]ロンシャン バッグ ロゾ[/url] HziBex http://sinsakuvuitton.com/ EbtNpx [url=http://sinsakuvuitton.com/]ヴィトン キーケース ヴェルニ[/url] EnoGls http://gekiyasuprada.com/ XhtZfw [url=http://gekiyasuprada.com/]プラダ トート[/url] XayNcb http://uggsinsaku.com/ WhjTtx [url=http://uggsinsaku.com/]UGG ムートンブーツ コーディネート[/url]

Anonymous said...

HyuWpd http://kuroebaggu.com/ HmnSbx [url=http://kuroebaggu.com/]シーバイクロエ[/url] FytEwr http://saiyasunerubutan.com/ TdvBce [url=http://saiyasunerubutan.com/]クリスチャンルブタン 店舗[/url] CmxIvh http://mcmhannbai.com/ PjsEsq [url=http://mcmhannbai.com/]MCM リュック[/url] OdyHfl http://vuittonkakaku.com/ LwgWuy [url=http://vuittonkakaku.com/]ルイヴィトン コピー[/url] HmtLkm http://chloenihon.com/ AfpAsl [url=http://chloenihon.com/]クロエ キーケース[/url] RvsGbz http://louboutindendou.com/ WywBpi [url=http://louboutindendou.com/]クリスチャンルブタン[/url] IdfKfz http://guccisenmon.com/ AfcNgt [url=http://guccisenmon.com/]GUCCI ショルダーバッグ[/url] IxjCbz http://tuminihoo.com/ KtzQlc [url=http://tuminihoo.com/]TUMI リュック[/url]

About Me

My photo
Bandung, West Java, Indonesia