Saturday, March 10, 2007

Keep It Simple Stupid

Ada baiknya kita2 yang berkutat di pekerjaan2 improvement
bis
a belajar dari tiga kasus di bawah ini.

1. Salah satu dari kasus yang ada adalah kasus kotak sabun
yang kosong, yang terjadi di salah satu perusahaan
kosmetik yang terbesar di Jepang. Perusahaan tersebut
menerima keluhan dari pelanggan yang mengatakan bahwa ia
telah membeli kotak sabun (terbuat dari bahan kertas)
kosong.
Dengan segera pimpinan perusahaan menceritakan masalah
tersebut ke bagian pengepakan yang bertugas untuk memindahkan semua kotak
sabun yang telah dipak ke departemen pengiriman. Karena suatu alasan, ada
satu kotak sabun yang terluput dan mencapai bagian pengepakan dalam
keadaan
kosong. Tim manajemen meminta para teknisi untuk memecahkan masalah
tersebut.

Dengan segera, para teknisi bekerja keras untuk membuat
sebuah mesin sinar X dengan monitor resolusi tinggi yang dioperasikan
oleh dua orang untuk melihat semua kotak sabun yang melewati
sinar tersebut dan memastikan bahwa kotak tersebut tidak kosong.

Tak diragukan lagi, mereka bekerja keras dan cepat tetapi
biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit. Tetapi saat ada seorang
karyawan di sebuah perusahaan kecil dihadapkan pada permasalahan yang
sama, ia tidak berpikir tentang hal-hal yang rumit, tetapi ia muncul
dengan solusi yang berbeda. Ia membeli sebuah kipas angin listrik untuk
industri yang memiliki tenaga cukup besar dan mengarahkannya ke garis
pengepakan. Ia menyalakan kipas angin tersebut, dan setiap ada kotak
sabun yang melewati kipas angin tersebut, kipas tersebut meniup kotak
sabun
yang kosong keluar dari jalur pengepakan, karena kotak sabun terbuat dari
bahan kertas yang ringan.

2.Pada saat NASA mulai mengirimkan astronot ke luar
angkasa, mereka menemukan bahwa pulpen mereka tidak bisa berfungsi di
gravitasi nol, karena tinta pulpen tersebut tidak dapat mengalir ke mata
pena. Untuk memecahkan masalah tersebut, mereka menghabiskan waktu
satu dekade dan 12 juta dolar. Mereka mengembangkan sebuah
pulpen yang dapat berfungsi pada keadaan-keadaan seperti gravitasi nol,
terbalik, dalam air, dalam berbagai permukaan termasuk kristal dan dalam
derajat
temperatur mulai dari di bawah titik beku sampai lebih dari 300 derajat
Celcius.

Dan apakah yang dilakukan para orang Rusia ?. Mereka
menggunakan pensil!.

3. Suatu hari, pemilik apartemen menerima komplain dari
pelanggannya. Para pelanggan mulai merasa waktu tunggu mereka di pintu
lift terasa lama seiring bertambahnya penghuni di apartemen itu. Dia
(pemilik) mengundang sejumlah pakar untuk men-solve.
Satu pakar menyarankan agar menambah jumlah lift. Tentu,
dengan bertambahnya lift, waktu tunggu jadi berkurang. Pakar lain
meminta pemilik untuk mengganti lift yang lebih cepat,
dengan asumsi, semakin cepat orang terlayani.
Kedua saran tadi tentu memerlukan biaya yang tidak
sedikit.
Tetapi, satu pakar lain hanya menyarankan satu hal, "Inti
dari komplain pelanggan anda adalah mereka merasa lama menunggu". Pakar
tadi hanya menyarankan untuk menginvestasikan kaca cermin
di depan lift, agar pelanggan teralihkan perhatiannya dari
pekerjaan "menunggu" dan merasa "tidak menunggu lift".

---

Moral cerita ini adalah sebuah filosofi yang disebut KISS
(Keep It Simple Stupid), yaitu selalu mencari solusi yang
sederhana, sehingga bahkan orang bodoh sekalipun dapat
melakukannya. Cobalah menyusun solusi yang paling
sederhana dan memungkinkan untuk memecahkan masalah yang
ada. Maka dari itu, kita harus belajar untuk fokus pada
solusi daripada pada berfokus pada masalah.

*"Bila kita melihat pada apa yang tidak kita punya di
dalam hidup kita, kita tidak akan memiliki apa-apa. *

*Tetapi bila kita melihat pada apa yang ada di tangan
kita, kita memiliki segalanya."*


Sumber :
http://puji.bblm.go.id/blog/index.php?id=27

No comments:

About Me

My photo
Bandung, West Java, Indonesia